1. Dua tugas pokok Herman Williem Daendels di Indonesia adalah ...
a. membangun jalan dan pasukan
b. menutup utang dan membentuk pasukan
c. mempertahankan Jawa dan membenahi administrasi
d. membagi Jawa menjadi vasal-vasal kecil dan membangun jalan
2. Cara Daendels untuk mengatasi korupsi adalah ...
a. memberikan bonus kepada pegawai pemerintah
b. menghapus sistem tanam paksa
c. menghapus penyerahan wajib
d. menaikkan gaji pegawai
3. Akibat kebijakan Daendels menjadikan para penguasa wilayah sebagai pegawai pemerintah adalah ...
a. wewenang penguasa feodal berkurang
b. gaji penguasa feodal menjadi bertambah
c. terjadi perubahan profesi secara besar-besaran
d. para penguasa feodal beramai-ramai memilih menjadi pegawai pemerintah
4. Karena kesulitan keuangan akibat peperangan melawan koalisi pimpinan Inggris, kebijakan Daendels yang ditempuh adalah ...
a. mengeluarkan uang kertas
b. meningkatkan pemasukan uang
c. memungut pajak dari rakyat
d. menjual tanah gubernemen kepada swasta
5. Cara yang ditempuh Daendels untuk membangun jalan raya pos adalah ...
a. membebaskan tanah milik petani
b. mengerahkan para prajuritnya
c. minta bantuan bekas tentara Belanda
d. mengharuskan para raja untuk mengerahkan rakyatnya
6. Prinsip utama Raffles ketika menerapkan landrente adalah ...
a. kesejahteraan rakyat harus diutamakan
b. rakyat diperkenankan meminjam uang pemerintah
c. semua tanah adalah milik pemerintah Inggris
d. pemerintah akan menerapkan sistem keuangan
7. Slah satu jasa Raffles selama masa kekuasaannya di indonesia adalah ..
a. menulis buku Max Havelaar
b. menulis buku The History of Java
c. memindahkan ibu kota Batavia
d. membangun Benteng Rotterdam
8. Culturstelsel ternyata menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan rakyat Indonesia. Salah satunya adalah ...
a. dikenalnya pasar
b. meningkatnya kesejahteraan rakyat
c. dikenalnya jenis tanaman baru
d. semakin penuhnya kas pemerintah kolonial
9. Untuk menghindari pemerasan, Raffles menganjurkan agar penyerahan uang sewa dan pajak bumi diberikan kepada ...
a. bupati
b. wedana
c. raja setempat
d. gubernemen
10. Tokoh yang menentang sistem tanam paksa adalah ...
a. Douwes Dekker
b. Thomas Stamford Raffles
c. Buyskes
d. de Kock
11. Daendels menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda atas perintah ...
a. Ratu Wilhemnia
b. Ratu Elisabeth
c. Kaisar Napoleon
d. Dewan VOC
12. Daendels dimusuhi para raja di Indonesia karena ...
a. memungut pajak dari rakyat
b. tanah raja dijadikan jalan
c. Daendels tidak memberi upah
d. raja dijadikan pegawai pemerintah
13. Pemerintah Raffles di Indonesia sedikit banyak memberikan perubahan kepada bangsa Indonesia. Perubahan-perubahan tersebut, kecuali ...
a. memberlakukan sistem pajak tanah
b. menghapuskan kerja rodi dan perbudakan
c. menerapkan kebebasan kepastian hukum
d. melanjutkan sistem penyerahan wajib
14. Berikut ini adalah kebijakan Daendels di Hindia Belanda dalam bidang pemerintahan, kecuali ...
a. Jawa dibagi menjadi sembilan perfektur
b. penguasa lokal dijadikan pegawai pemerintah
c. mempertahankan sistem pemerintahan federal
d. membenahi administrasi pemerintahan
15. Buku Max Havelaar merupakan karya ...
a. E. Douwes Dekker
b. Van den Bosch
c. Thomas Stamford Raffles
d. Van Deventer
16. Ketika Raffles mengalami kesulitan keuangan, kebijakan yang ditempuh adalah ...
a. menerapkan monetisasi
b. menjual tanah-tanah gubernemen
c. menerapkan wajib kerja dan pajak
d. utang kepada kerajaan-kerajaan yang kaya
17. Yang dimaksud dengan uang kepala dalam kebijakan Raffles adalah ...
a. uang yang dimiliki setiap kepala rumah tangga
b. harga yang akan dibayar apabila bisa menangkap seorang pemberontak
c. uang yang harus dibayar oleh orang yang tidak memiliki tanah
d. uang yang harus dikumpulkan kepada gubernur jenderal
18. Kebijakan pemerintah Belanda untuk membuka kesempatan bagi swasta agar menanamkan investasinya di Hindia Belanda dikenal dengan ...
a. politik etis
b. sistem monopoli
c. politik devide et impera
d. politik pintu terbuka
19. Perhatikan beberapa kebijakan berikut ini!
1) mengeluarkan uang kertas dalam jumlah besar sehingga inflasi
2) meningkatkan pendapatan penduduk
3) menerapkan sistem sewa tanah
4) menjual tanah-tanah milik gubernemen
Kebijakan Daendels untuk mengatur masalah keuangan di Hindia Belanda adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
20. Setelah VOC bangkrut dan dibubarkan, semua kekayaan, utang piutang, dan daerah jajahannya diambil alih oleh ...
a. Republik Bataaf
b. Pemerintah Inggris
c. Pemerintahan Hindia Belanda
d. Pemerintah Daendels
21. Kebijakan sistem sewa tanah yang diterapkan oleh Raffles mengalami kegagalan yang disebabkan oleh faktor-faktor, kecuali ...
a. masyarakat pedesaan belum mengenal sistem uang
b. sulit menentukan besar kecilnya pajak
c. terbatasnya jumlah pegawai
d. masyarakat lebih suka dengan sistem penyerahan wajib
22. Selain mambagi Jawa menjadi enam belas karesidenan, kebijakan politik Raffles adalah ...
a. menerapkan aturan yun dalam pengadilan
b. menambah prajurit dan meningkatkan kesejahteraannya
c. membangun benteng-benteng baru
d. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan
23. Perlawanan rakyat Maluku disebabkan oleh ...
a. Belanda memaksakan agamanya kepada rakyat Maluku
b. Belanda mengadu domba antara Uli Siwa dan Uli Lima
c. Belanda mendirikan benteng-benteng baru
d. pemerintah kolonial memberlakukan penyerahan wajib
24. Pada awalnya Perang Padri merupakan pertentangan antara ...
a. kaum adat dan Belanda
b. Belanda dan kaum adat
c. kaum Padri dan kaum Nasrani
d. kaum adat dengan kaum Padri
25. Praktik tanam paksa yang ditetapkan Van den Bosch terbukti menyengsarakan rakyat. Salah satunya adalah berlangsunya kebijakan cultuurprocenten, yaitu ...
a. kebijakan untuk mengambil alih tanah-tanah produktif
b. hadiah yang diberikan kepada para penguasa lokal
c. besaran pajak yang harus dibayar rakyat
d. kebiasaan memberi upeti
26. Kerajaan Majapahit menjadi salah satu faktor intern yang mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia. Hal itu karena Kerajaan Majapahit ...
a. memiliki armada tentara yang kuat
b. memiliki konstitusi yang sekarang ditiru dalam UUD 1945
c. terdiri dari berbagai macam agama
d. wilayahnya meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia
27. Semangat nasionalisme Indonesia ditandai oleh beberapa peristiwa yang disebut di bawah ini, kecuali ...
a. pembentukan Budi Utomo
b. perang Diponegoro
c. pelaksanaan politik etis
d. Sumpah Pemuda 1928
28. Politik etis atau balas budi yang dicetuskan van Deventer berisi tentang ...
a. edukasi, irigasi, dan transportasi
b. edukasi, irigasi, dan emograsi
c. irigasi, evaluasi, dan reboisasi
d. evaluasi, irigasi, dan urbanisasi
29. Tujuan mendasar dicanangkan politik etis oleh Ratu Wilhemnia pada tahun 1901 adalah ...
a. mengambil keuntungan dari Hindia Belanda
b. membuka lembaga pendidikan bagi rakyat
c. menerapkan otonomi dan desentralisasi
d. menjadikan Hindia Belanda sebagai negara mereka
30. Salah satu faktor pendorong munculnya golongan terpelajar dari bangsa Indonesia pada awal abad XX adalah ...
a. dilaksanakannya politik etis
b. dibentuknya Budi Utomo
c. kesadaran terhadap pentingnya pendidikan
d. lahirnya kesadaran nasional di kalangan kaum bangsawan
31. Perhatikan faktor berikut.
1) Kedaerahan
2) Tergantung kepada satu pemimpin
3) Bersifat nasional
4) Tidak terorganisasi
5) Adanya persatuan
6) Tujuan tidak jelas
Faktor kegagalan perlawanan terhadap Bleanda sebelum tahun 1908 ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 2, 4, dan 6
c. 2, 3, 4, dan 5
d. 3, 4, 5, dan 6
32. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1) Timbulnya golongan terpelajar
2) Kemenangan Jepang atas Rusia
3) Timbulnya gerakan nasional di berbagai negara
4) Terkenang kejayaan masa lampau
5) Penderitaan rakyat yang terus menerus
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam adalah nomor ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
33. Berikut ini adalah empat unsur nasionalisme menurut Dr. Hertz, kecuali hasrat untuk mencapai ...
a. kemerdekaan
b. keaslian
c. kesatuan
d. kekuasaan
34. Tujuan utama Belanda membuka sekolah kolonial adalah untuk ...
a. membalas budi rakyat Indonesia
b. meningkatkan derajat rakyat pribumi sehingga terwujud Pax Netherlandica
c. memberi kesempatan kepada rakyat pribumi untuk mengenyam pendidikan
d. mencetak tenaga terdidik yang mudah dan terampil
35. Tokoh yang sangat berperan dalam perguruan Tman Siswa adalah ...
a. Dr. Soepomo
b. Ir. Soekarno
c. Ki Hajar Dewan toto
d. Hussein Djajadiningrat
36. Salah satu ideologi yang dikembangkan Perhimpunan Indonesia dalam manifiesto tahun 1925 adalah Swadaya, yaitu ...
a. mengesampingkan kedaerahan untuk menciptakan negara kebangsaan Indonesia
b. perlunya mempertajam konflik antara penjajah dengan yang dijajah
c. kemerdekaan harus direbut sendiri dan Bukan hadiah Belanda
d. perlunya struktur alternatif yang berakar pada masyarakat pribumi
37. Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut ...
a. seluruh rakyat Indonesia bersatu bangkit melawan Belanda
b. perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional memulai dengan cara baru
c. seluruh rakyat Indonesia menyatakan sumpah setia kepada negara
d. beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke generasi muda
38. Pemimpin Indische Partij yang dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai adalah ...
a. K.H. Samanhudi, Abdul Muis, dan H.O.S Tjokroaminoto
b. Semaun, Mr. Sartono, dan Darsono
c. Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Suwardi Suryaningrat
d. Ki Hajar Dewantoro, Dauwes Dekker, dan dr. Tjipto Mangunkusumo
39. Dalam perkembangannya, Budi Utomo bergerak sangat lambat karena ...
a. tidak adanya dukungan dana dari kaum priyayi
b. pemerintah kolonial melakukan pengawasan yang cukup ketat
c. menonjolnya kaum priyayi yang mengutamakan jabatan
d. tidak bergerak dalam bidang politik
40. Untuk memperkuat kedudukannya, PKI melakuakan cara ...
a. mengadu domba antarorganisasi pergerakan
b. melakukan infiltrasi dalam tubuh Sarekat Islam
c. meminta pemerintah Belanda agar PKI diberi status badan hukum
d. melakukan penyerangan terhadap para tokoh nasionalis sayap kanan
a. membangun jalan dan pasukan
b. menutup utang dan membentuk pasukan
c. mempertahankan Jawa dan membenahi administrasi
d. membagi Jawa menjadi vasal-vasal kecil dan membangun jalan
2. Cara Daendels untuk mengatasi korupsi adalah ...
a. memberikan bonus kepada pegawai pemerintah
b. menghapus sistem tanam paksa
c. menghapus penyerahan wajib
d. menaikkan gaji pegawai
3. Akibat kebijakan Daendels menjadikan para penguasa wilayah sebagai pegawai pemerintah adalah ...
a. wewenang penguasa feodal berkurang
b. gaji penguasa feodal menjadi bertambah
c. terjadi perubahan profesi secara besar-besaran
d. para penguasa feodal beramai-ramai memilih menjadi pegawai pemerintah
4. Karena kesulitan keuangan akibat peperangan melawan koalisi pimpinan Inggris, kebijakan Daendels yang ditempuh adalah ...
a. mengeluarkan uang kertas
b. meningkatkan pemasukan uang
c. memungut pajak dari rakyat
d. menjual tanah gubernemen kepada swasta
5. Cara yang ditempuh Daendels untuk membangun jalan raya pos adalah ...
a. membebaskan tanah milik petani
b. mengerahkan para prajuritnya
c. minta bantuan bekas tentara Belanda
d. mengharuskan para raja untuk mengerahkan rakyatnya
6. Prinsip utama Raffles ketika menerapkan landrente adalah ...
a. kesejahteraan rakyat harus diutamakan
b. rakyat diperkenankan meminjam uang pemerintah
c. semua tanah adalah milik pemerintah Inggris
d. pemerintah akan menerapkan sistem keuangan
7. Slah satu jasa Raffles selama masa kekuasaannya di indonesia adalah ..
a. menulis buku Max Havelaar
b. menulis buku The History of Java
c. memindahkan ibu kota Batavia
d. membangun Benteng Rotterdam
8. Culturstelsel ternyata menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan rakyat Indonesia. Salah satunya adalah ...
a. dikenalnya pasar
b. meningkatnya kesejahteraan rakyat
c. dikenalnya jenis tanaman baru
d. semakin penuhnya kas pemerintah kolonial
9. Untuk menghindari pemerasan, Raffles menganjurkan agar penyerahan uang sewa dan pajak bumi diberikan kepada ...
a. bupati
b. wedana
c. raja setempat
d. gubernemen
10. Tokoh yang menentang sistem tanam paksa adalah ...
a. Douwes Dekker
b. Thomas Stamford Raffles
c. Buyskes
d. de Kock
11. Daendels menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda atas perintah ...
a. Ratu Wilhemnia
b. Ratu Elisabeth
c. Kaisar Napoleon
d. Dewan VOC
12. Daendels dimusuhi para raja di Indonesia karena ...
a. memungut pajak dari rakyat
b. tanah raja dijadikan jalan
c. Daendels tidak memberi upah
d. raja dijadikan pegawai pemerintah
13. Pemerintah Raffles di Indonesia sedikit banyak memberikan perubahan kepada bangsa Indonesia. Perubahan-perubahan tersebut, kecuali ...
a. memberlakukan sistem pajak tanah
b. menghapuskan kerja rodi dan perbudakan
c. menerapkan kebebasan kepastian hukum
d. melanjutkan sistem penyerahan wajib
14. Berikut ini adalah kebijakan Daendels di Hindia Belanda dalam bidang pemerintahan, kecuali ...
a. Jawa dibagi menjadi sembilan perfektur
b. penguasa lokal dijadikan pegawai pemerintah
c. mempertahankan sistem pemerintahan federal
d. membenahi administrasi pemerintahan
15. Buku Max Havelaar merupakan karya ...
a. E. Douwes Dekker
b. Van den Bosch
c. Thomas Stamford Raffles
d. Van Deventer
16. Ketika Raffles mengalami kesulitan keuangan, kebijakan yang ditempuh adalah ...
a. menerapkan monetisasi
b. menjual tanah-tanah gubernemen
c. menerapkan wajib kerja dan pajak
d. utang kepada kerajaan-kerajaan yang kaya
17. Yang dimaksud dengan uang kepala dalam kebijakan Raffles adalah ...
a. uang yang dimiliki setiap kepala rumah tangga
b. harga yang akan dibayar apabila bisa menangkap seorang pemberontak
c. uang yang harus dibayar oleh orang yang tidak memiliki tanah
d. uang yang harus dikumpulkan kepada gubernur jenderal
18. Kebijakan pemerintah Belanda untuk membuka kesempatan bagi swasta agar menanamkan investasinya di Hindia Belanda dikenal dengan ...
a. politik etis
b. sistem monopoli
c. politik devide et impera
d. politik pintu terbuka
19. Perhatikan beberapa kebijakan berikut ini!
1) mengeluarkan uang kertas dalam jumlah besar sehingga inflasi
2) meningkatkan pendapatan penduduk
3) menerapkan sistem sewa tanah
4) menjual tanah-tanah milik gubernemen
Kebijakan Daendels untuk mengatur masalah keuangan di Hindia Belanda adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
20. Setelah VOC bangkrut dan dibubarkan, semua kekayaan, utang piutang, dan daerah jajahannya diambil alih oleh ...
a. Republik Bataaf
b. Pemerintah Inggris
c. Pemerintahan Hindia Belanda
d. Pemerintah Daendels
21. Kebijakan sistem sewa tanah yang diterapkan oleh Raffles mengalami kegagalan yang disebabkan oleh faktor-faktor, kecuali ...
a. masyarakat pedesaan belum mengenal sistem uang
b. sulit menentukan besar kecilnya pajak
c. terbatasnya jumlah pegawai
d. masyarakat lebih suka dengan sistem penyerahan wajib
22. Selain mambagi Jawa menjadi enam belas karesidenan, kebijakan politik Raffles adalah ...
a. menerapkan aturan yun dalam pengadilan
b. menambah prajurit dan meningkatkan kesejahteraannya
c. membangun benteng-benteng baru
d. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan
23. Perlawanan rakyat Maluku disebabkan oleh ...
a. Belanda memaksakan agamanya kepada rakyat Maluku
b. Belanda mengadu domba antara Uli Siwa dan Uli Lima
c. Belanda mendirikan benteng-benteng baru
d. pemerintah kolonial memberlakukan penyerahan wajib
24. Pada awalnya Perang Padri merupakan pertentangan antara ...
a. kaum adat dan Belanda
b. Belanda dan kaum adat
c. kaum Padri dan kaum Nasrani
d. kaum adat dengan kaum Padri
25. Praktik tanam paksa yang ditetapkan Van den Bosch terbukti menyengsarakan rakyat. Salah satunya adalah berlangsunya kebijakan cultuurprocenten, yaitu ...
a. kebijakan untuk mengambil alih tanah-tanah produktif
b. hadiah yang diberikan kepada para penguasa lokal
c. besaran pajak yang harus dibayar rakyat
d. kebiasaan memberi upeti
26. Kerajaan Majapahit menjadi salah satu faktor intern yang mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia. Hal itu karena Kerajaan Majapahit ...
a. memiliki armada tentara yang kuat
b. memiliki konstitusi yang sekarang ditiru dalam UUD 1945
c. terdiri dari berbagai macam agama
d. wilayahnya meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia
27. Semangat nasionalisme Indonesia ditandai oleh beberapa peristiwa yang disebut di bawah ini, kecuali ...
a. pembentukan Budi Utomo
b. perang Diponegoro
c. pelaksanaan politik etis
d. Sumpah Pemuda 1928
28. Politik etis atau balas budi yang dicetuskan van Deventer berisi tentang ...
a. edukasi, irigasi, dan transportasi
b. edukasi, irigasi, dan emograsi
c. irigasi, evaluasi, dan reboisasi
d. evaluasi, irigasi, dan urbanisasi
29. Tujuan mendasar dicanangkan politik etis oleh Ratu Wilhemnia pada tahun 1901 adalah ...
a. mengambil keuntungan dari Hindia Belanda
b. membuka lembaga pendidikan bagi rakyat
c. menerapkan otonomi dan desentralisasi
d. menjadikan Hindia Belanda sebagai negara mereka
30. Salah satu faktor pendorong munculnya golongan terpelajar dari bangsa Indonesia pada awal abad XX adalah ...
a. dilaksanakannya politik etis
b. dibentuknya Budi Utomo
c. kesadaran terhadap pentingnya pendidikan
d. lahirnya kesadaran nasional di kalangan kaum bangsawan
31. Perhatikan faktor berikut.
1) Kedaerahan
2) Tergantung kepada satu pemimpin
3) Bersifat nasional
4) Tidak terorganisasi
5) Adanya persatuan
6) Tujuan tidak jelas
Faktor kegagalan perlawanan terhadap Bleanda sebelum tahun 1908 ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 2, 4, dan 6
c. 2, 3, 4, dan 5
d. 3, 4, 5, dan 6
32. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1) Timbulnya golongan terpelajar
2) Kemenangan Jepang atas Rusia
3) Timbulnya gerakan nasional di berbagai negara
4) Terkenang kejayaan masa lampau
5) Penderitaan rakyat yang terus menerus
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam adalah nomor ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
33. Berikut ini adalah empat unsur nasionalisme menurut Dr. Hertz, kecuali hasrat untuk mencapai ...
a. kemerdekaan
b. keaslian
c. kesatuan
d. kekuasaan
34. Tujuan utama Belanda membuka sekolah kolonial adalah untuk ...
a. membalas budi rakyat Indonesia
b. meningkatkan derajat rakyat pribumi sehingga terwujud Pax Netherlandica
c. memberi kesempatan kepada rakyat pribumi untuk mengenyam pendidikan
d. mencetak tenaga terdidik yang mudah dan terampil
35. Tokoh yang sangat berperan dalam perguruan Tman Siswa adalah ...
a. Dr. Soepomo
b. Ir. Soekarno
c. Ki Hajar Dewan toto
d. Hussein Djajadiningrat
36. Salah satu ideologi yang dikembangkan Perhimpunan Indonesia dalam manifiesto tahun 1925 adalah Swadaya, yaitu ...
a. mengesampingkan kedaerahan untuk menciptakan negara kebangsaan Indonesia
b. perlunya mempertajam konflik antara penjajah dengan yang dijajah
c. kemerdekaan harus direbut sendiri dan Bukan hadiah Belanda
d. perlunya struktur alternatif yang berakar pada masyarakat pribumi
37. Tanggal 20 Mei dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut ...
a. seluruh rakyat Indonesia bersatu bangkit melawan Belanda
b. perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional memulai dengan cara baru
c. seluruh rakyat Indonesia menyatakan sumpah setia kepada negara
d. beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke generasi muda
38. Pemimpin Indische Partij yang dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai adalah ...
a. K.H. Samanhudi, Abdul Muis, dan H.O.S Tjokroaminoto
b. Semaun, Mr. Sartono, dan Darsono
c. Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Suwardi Suryaningrat
d. Ki Hajar Dewantoro, Dauwes Dekker, dan dr. Tjipto Mangunkusumo
39. Dalam perkembangannya, Budi Utomo bergerak sangat lambat karena ...
a. tidak adanya dukungan dana dari kaum priyayi
b. pemerintah kolonial melakukan pengawasan yang cukup ketat
c. menonjolnya kaum priyayi yang mengutamakan jabatan
d. tidak bergerak dalam bidang politik
40. Untuk memperkuat kedudukannya, PKI melakuakan cara ...
a. mengadu domba antarorganisasi pergerakan
b. melakukan infiltrasi dalam tubuh Sarekat Islam
c. meminta pemerintah Belanda agar PKI diberi status badan hukum
d. melakukan penyerangan terhadap para tokoh nasionalis sayap kanan
Comments
Post a Comment